Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik) https://rapik.pubmedia.id/index.php/rapik <div> <p style="text-align: justify;"><strong>Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik)</strong> is officially registered in the Centre for Data and Scientific Documentation (PDDI), Indonesia Institute of Science with ISSN Number <a href="https://issn.lipi.go.id/terbit/detail/20210829441349149" target="_blank" rel="noopener"><strong>2808-0092</strong> (online).</a> This Journal is published biannually (<strong>July and December</strong>) by <strong>Indonesian Journal Publisher</strong>. RAPIK Journal a scientific journal, double-blind peer-reviewed and open-access journal.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>RAPIK : Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer</strong> is an academic journal organized and operated by Indonesian Journal Publisher which aims at publishing conceptual thought or idea and research findings that have been achieved in the field of original research.</p> </div> en-US [email protected] (Evi Sukmayeti) [email protected] (Rifaid) Fri, 19 Jan 2024 23:12:32 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 E-Government Sebagai Media Layanan Pengaduan Masyarakat Studi Aplikasi NTB Care https://rapik.pubmedia.id/index.php/rapik/article/view/45 <p><em>E-government sebagai media layanan pengaduan masyarakat dengan studi kasus di aplikasi NTBcare merupakan sebuah layanan yang disiapkan oleh pemerintah NTB sebagai media yang memungkinkan masyarakat untuk menyampaikan keluhan atau masalah secara elektronik dan juga dapat meningkatkan aksebilitas dan efisiensi dalam penanganan pengaduan pemerintah</em> <em>Tujuan Penelitian ini adalah ingin menganalisis bagaimana E- government sebagai media pelayanan pengaduan masyarakat khususnya pada aplikasi NTB Care. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Dengan memanfaatkan aplikasi layanan online, Aplikasi NTB Care telah menjadi salah satu aplikasi yang cukup ampuh dan efektif di provinsi NTB untuk pengaduan masyarakat dan menjawab aduan dan saran yang masuk dari masyarakat. Masyarakat dapat dengan mudah mengamati setiap hari perkembangan yang ada di daerah mereka, tanpa harus menanyakan langsung ke instansi pemerintahan terkait, dan langsung messsndapatkan penjelasan dan konfirmasi dari permasalahan tersebut.Dengan demikian aplikasi NTB Care menjadi tujuan pemerintah dalam memberikan pelayana terhadap masyarakat dengan mudah, efisien dan efektif dengan sistem online yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan serta kualitas hidup masyrakat</em></p> Cahyadi Kurniawan, Erlin Erlin, Adriana Wahyuningsih, Linda Andayani, M. Al Khusaini, M.Ulfatul Akbar Jafar, Mintasrihardi Mintasrihardi, Yuli Yanti Daaris Copyright (c) 2024 Cahyadi Kurniawan, Erlin Erlin, Adriana Wahyuningsih, Linda Andayani, M. Al Khusaini, M.Ulfatul Akbar Jafar, Mintasrihardi Mintasrihardi, Yuli Yanti Daaris https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://rapik.pubmedia.id/index.php/rapik/article/view/45 Fri, 19 Jan 2024 00:00:00 +0700