Peer Review Process

Review

Apabila naskah telah lolos seleksi dan proses penilaian, maka naskah akan diserahkan kepada reviewer yang merupakan ahli di bidangnya. Proses review akan dilakukan dalam waktu 2 minggu.

 

Keputusan Reviewer

Reviewer akan memberikan rekomendasi berikut:

  1. Diterima; berarti naskah tersebut dapat diterima untuk diterbitkan
  2. Diterima dengan sedikit revisi; berarti bahwa manuskrip tersebut dapat diterima untuk diterbitkan setelah direvisi sebagai tanggapan atas permintaan perbaikan dari Reviewer
  3. Diterima dengan revisi besar; Artinya, kekurangan substantif dalam naskah, seperti analisis data, teori utama yang digunakan, dan penulisan ulang paragraph yang perlu direvisi.
  4. Ditolak; berarti naskah tersebut tidak dapat diterima untuk diterbitkan

Keputusan Reviewer akan dipertimbangkan oleh Editor untuk menentukan proses selanjutnya.

 

Tahap Revisi

Setelah diterima dengan catatan revisi kecil atau besar, naskah akan dikembalikan kepada penulis. Untuk naskah yang diterima dengan revisi besar, penulis diberi waktu 2 minggu untuk merevisi. Sedangkan untuk naskah yang diterima dengan revisi minor, diberikan waktu 1 minggu untuk revisi.

 

Keputusan akhir

Pada tahap ini, manuskrip akan dievaluasi ulang oleh Editor untuk memastikan bahwa penulis telah merevisi sebagaimana permintaan Reviewer. Dalam keputusan akhir ini, naskah masih dapat ditolak jika penulis tidak serius melakukan revisi yang diperlukan.

 

Tahap Koreksi

Setelah naskah dianggap dapat diterima oleh Editor, naskah akan menjalani proses proofreading untuk menjaga kualitas bahasa atau linguistik.

 

Konfirmasi Publikasi

Pada tahap ini, tata letak akhir naskah akan dikirimkan kembali kepada penulis untuk memastikan bahwa isinya sesuai dengan tulisan penulis. Pada tahap ini, penulis dapat merevisi kesalahan ketik yang ditemukan dalam naskah akhir. Setelah konfirmasi dari penulis diberikan, editor akan memproses naskah untuk publikasi online di situs web serta publikasi cetak.