Evaluasi Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur Berbasis ISO 9001:2015

Authors

  • Murnan Murnan Magister Manajemen Inovasi, Universitas Teknologi Sumbawa
  • Kiki Yulianto 2Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Universitas Andalas
  • Umar Umar Program Studi Magister Manajemen Inovasi, Universitas Teknologi Sumbawa

Keywords:

Evaluasi Kinerja, Analisis Kesenjangan, ISO 9001:2015, PDAM Lombok Timur

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pemenuhan standar Sistem Manajemen Mutu (SMM) pada PDAM Lombok Timur dan sistem manajemen mutu yang diterapkannya berdasarkan acuan ISO 9001:2015. Penelitian dilakukan bersifat field research atau penelitian lapangan dengan mengumpulkan informasi atau data secara langsung tentang fakta-fakta yang ada di lapangan yang berkenaan dengan masalah penelitian. Data-data terkait pelaksanaan sistem manajemen mutu berdasarkan standar ISO 9001:2015 dikumpulkan dengan sistem checklist dokumen dan ditunjang dengan kegiatan wawancara dan observasi terhadap informan dengan triangulasi. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan Analisa Kesenjangan dalam Mengevaluasi Penerapan Standar ISO 9001:2015 penelitian menemukan bahwa PDAM Lombok Timur belum menggunakan ISO 9001:2015 sebagai standar SMM namun beberapa klausul pada ISO 9001:2015 telah dilaksanakan. Klausul-klausul yang perlu dipertahankan adalah Ruang Lingkup, Pengembangan, Evaluasi Kinerja dan Konteks Organisasi. Sedangkan Klausul Istilah dan Definisi, Kepemimpinan, Operasi dan Perencanaan masih harus dikembangkan. Sementara itu Klausul Acuan Normatif dan Dukungan menjadi tugas PDAM Lombok Timur untuk disediakan dan diperbaiki. Untuk langkah selanjutnya PDAM Lombok Timur dapat mengembangkan SMM yang mengacu pada ISO 9001:2015, mendapatkan coaching ISO, mengembangkan budaya belajar perusahaan dan mengkolaborasikan sistem GCG dan ISO secara berdampingan sebagai standar SMM perusahaan.

References

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Keuangan Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah 2019. ISSN 1978-9092. Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Keuangan Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah 2020. ISSN 1978-9092. Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Chen, C., Anchecta, K., Lee, Y., & Dahlgaard, J.J. (2016). A Stepwise ISO-Based TQM Implementation Approach Using ISO 9001:2015. Management and Production Engineering Review, 7, 65-75.

Edwin. (2020). Sertifikasi ISO 9001 Si Penjamin Kualitas Mutu dan Produk. https://isoindonesiacenter.com/sertifikasi-iso-9001-si-penjamin-kualitas-mutu-dan-produk/.

Fernando, J. M., Purwanggono, B., & Wicaksono, P. A. (2017). Analisis Kesiapan Sertifikasi Iso 9001:2015 Pada PT. Wijara Nagatsupazki Dengan Menggunakan Metode Gap Analysis. Industrial Engineering Online Journal, 6(2). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/16498

Fonseca, L.M., Domingues, J.P., Baylina-Machado, P., & Harder, D. (2019). ISO 9001:2015 adoption: A multi- country empirical research. Journal of Industrial Engineering and Management, 12(1), 27-50. https://doi.org/10.3926/jiem.2745

Handayani, N.U., Mustikasari, A., Hutagalung, S., & Monica, B. (2018). Analysis of implementation of ISO 9001:2015 in SME Aldin Natural Home. SHS Web of Conferences 49, 01007. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184901007.

Nanda, Vivek. (2005). Quality management system handbook for product development companies. CRC Press. Florida.

Nasir, M. S. (2019). Analisis Sumber-Sumber Pendapatan Asli Daerah Setelah Satu Dekadeotonomi Daerah. JURNAL DINAMIKA EKONOMI PEMBANGUNAN, 2(1), 30-45. https://doi.org/10.14710/jdep.2.1.30-45

Rakha, Herman. 15 Juni 2021. BUMD LombokTimur: Antara PAD atau Beban APBD. https://massmedia.id/bumd-lombok-timur-antara-pad-atau-beban-apbd/ diakses 2 November 2021 pada 9.11.

Rybski, C; Jochem, R; & Homma, L. (2017): Empirical study on status of preparation for ISO 9001:2015, Total Quality Management & Business Excellence, DOI: 10.1080/14783363.2017.1303886.

Putra, Muhammad Fidiandri; Suhendar, Endang & Usman, Ridwan. (2019). Gap Analysis Persiapan Implementasi ISO 9001:2015 Pada PT. Trans Power Marine, Tbk. Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI) Vol. XIII, No. 2, Agustus 2019, p.149-153

Redi, Anak Agung Ngurah Perwira & Putra, I Nyoman Mardika. (2021). ISO 9001:2015 Pengantar Standar Manajemen Mutu. https://mie.binus.ac.id/2021/04/07/iso-90012015-pengantar-standar-manajemen-mutu/ diakses pada 24 November 2021 17.55.

Simanjuntak, Manlian Ronald A &. Suawa, Skarlet Sinta. (2014). Analisis Sistem Manajemen Mutu Dan Pengaruhnya Dalam Meningkatkan Kinerja Operasional Bangunan Gedung Tinggi Perkantoran Di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol.4 No.2, September 2014 (92-102) ISSN: 2087-9334.

Sugiono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Wartuny, William Ridson., Lumeno, Shirly & Mandagi, , R. J. M. (2018). Model Penerapan Sistem Manajemen Mutu Berbasis ISO 9001:2015 Pada Kontraktor Di Propinsi Papua Barat. Jurnal Sipil Statik Vol.6 No.8 Agustus 2018 (579-588) ISSN: 2337-6732.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Murnan, M., Yulianto, K., & Umar, U. (2022). Evaluasi Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur Berbasis ISO 9001:2015. Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik), 2(1), 130–149. Retrieved from https://rapik.pubmedia.id/index.php/rapik/article/view/20

Issue

Section

Articles