Analisis Penyebaran Tweet Tentang Pemulihan Ekonomi Di Indonesia pasca Covid-19 Analisis akun @Prekonomian RI
Keywords:
Penyebaran Informasi, Pemulihan Ekonomi, Twitter, PerekonomianRIAbstract
Berkembangnya teknologi informasi pada era sekarang sangatlah pesat sehingga dikala pandemic seperti ini pemerintah memanfaatkan media sosial dalam penyebaran informasi. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplor sejauh mana penyebaran informasi pemulihan perekonomian di Indonesia selama pandemi Covid-19 melalui akun twitter @PerekonomianRI. Kemudian, penelitian ini menggunakan metode kualitatif eksploratif dengan bantuan aplikasi NVIVO 12 plus sebagai alat untuk menganalisa penyebaran informasi pemulihan perekonomian di Twitter. Hasil penelitian menemukan bahwa akun media sosial Twitter @PerekonomianRI telah menyebarluaskan informasi secara massif tentang pemulihan ekonomi Indonesia. Beragam hashtag turut andil dalam meningkatkan penyebaran informasi pemulihan ekonomi serta adanya akun media sosial Twitter lainnya yang mention tweet terkait pemulihan ekonomi Penggunaan media sosial sangat penting di era sekarang dalam penelitian ini dapat di tarik kesimpulan bahwa dalam penyebaran tweet oleh Kemenko RI melalui akun media sosialnya mengenai pemulihan ekonomi di Indonesia, pada tahun 2020 Kemenko Prekonomian RI memiliki antusias yang tinggi dalam penyebaran informasi melalui akun media sosial twitternya, @PrekonomianRI tentang pemulihan ekonomi di Indonesia dengan persentasi 44,50% hal ini menandakan kementrian Kemenko Prekonomian RI pada tahun 2020 pada awal Covid-19 sangat fokus agar prekonomian nasional tidak menurun sehingga banya melakukan penyebaran informasi tentang pemulihan ekonomi dengan hashtag paling banya yang di siarkan pada kanal media sosial twitter yakni #untukekonomiindonesia. Kemntrian Kordinator Perekonomian RI juga mejalain Kerjasama dengan beberapa kementrian yang ada, dan juga media-media yang ada di Indonesia
References
Abuta, C. M. A., Agumagu, A. C., & Adesope, O. M. (2021). Social Media Used by Arable Crop Farmers for Communicating Climate Change Adaptation Strategies in Imo State, Nigeria https://dx.doi.org/10.4314/jae.v25i1.8. Journal of Agricultural Extension, 25(1), 73–82. https://doi.org/10.4314/jae.v25i1.8
Alkatiri Bin Muhammad Awad, Nadiah Zhafira, & S. Nasution Nada Adinda. (2020). Opini Publik Terhadap Penerapan New Normal Di Media Sosial Twitter. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(1), 19–26. www.covid19.go.id
Assegaff, S. (2017). Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Knowledge Sharing. Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), 271–293. https://doi.org/10.12695/jmt.2017.16.3.4
Baharuddin, S. M., & Sulfati, A. (2020). Ekonomi di Pusaran Badai Covid-19.
Bendriyanti, R. P., & Dewi, C. (2020). Membangun Leadership yang Kokoh di Masa Work from Home Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 33–36. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/5
Bimbingan, B., & Konseling, D. A. N. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a
Brandtner, P., Darbanian, F., Falatouri, T., & Udokwu, C. (2021). Impact of COVID-19 on the customer end of retail supply chains: A big data analysis of consumer satisfaction. Sustainability (Switzerland), 13(3), 1–18. https://doi.org/10.3390/su13031464
Edhlund, B. (2019). NVivo 12 Essentials. Lulu.com.
Gao, X., & Lee, J. (2017). E-government services and social media adoption: Experience of small local governments in Nebraska state. Government Information Quarterly, 34(4), 627–634. https://doi.org/10.1016/j.giq.2017.09.005
Hagen, L., Neely, S., Scharf, R., & Keller, T. E. (2020). Social Media Use for Crisis and Emergency Risk Communications during the Zika Health Crisis. Digital Government: Research and Practice, 1(2), 2066084. https://doi.org/10.1145/3372021
Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57. https://doi.org/10.30631/baitululum.v4i1.46
Kartikasari, A. Y. (2015). Kerangka Masyarakat Ekonomi ASEAN. IREC Indonesia, September, 1–7. https://kemlu.go.id/portal/id/read/113/halaman_list_lainnya/masyarakat-ekonomi-asean-mea
Khairil, M. (2018). Analisis Pemanfaatan New Media Melalui Jaringan Media Sosial. National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1293
Kurniawan, C., Pratama, I., Purnawingsih, T., Artificial, U. P.-I. J. of, & 2022, U. (2022). Measuring Smart City Implementation to Improve the Quality of Public Services in Jambi City. Ijair.Id, 0(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.405
Kurniawan, C., Purnomo, E. P., Fathani, A. T., & Fadhlurrohman, M. I. (2023). Sustainable tourism development strategy in West Nusa Tenggara province, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1129(1), 012022. https://doi.org/10.1088/1755-1315/1129/1/012022
Kurniawan, C., & Suswanta, S. (2022). Implementation of Artificial Intelligence by the Government of West Nusa Tenggara (NTB) in Disaster Management. International Conference on Public Organization (ICONPO 2021), 209(Iconpo 2021), 39–44.
Marlinah. Lilih. (2021). Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 2 Bulan Juli 2021 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 2 Bulan Juli 2021. Memnfaatkan Insentif Pajak UMKM Dalam Upaya Mendorong Pemuliahan Ekonomi Nasional, 4(98), 73–78.
PRATIWI, M. I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor Umkm. Jurnal Ners, 4(2), 30–39. https://doi.org/10.31004/jn.v4i2.1023
Pribadi, U., & Iqbal, M. (2022). Electronic Government in Social Sciences: A Literature Review. Social Science Asia, 8(3), 85–102.
Puspitasari Gobel, Y. (2020). Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 Dengan Mengkombinasikan Model Filantropi Islam Dan Ndeas Model. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 3(2), 209–223. https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5809
Rahmat, A. F. (2021). Dakwah Digital: Eksplorasi Gerakan Filantropi Muhamamdiyah Selama Covid-19 Di Media Sosial Twitter ‘@muhammadiyah.’ ETTISAL : Journal of Communication, 6(1), 1. https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i1.5027
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
Stern, N., & Zenghelis, D. (2021). Fiscal Responsibility in Advanced Economies Through Investment for Economic Recovery from the COVID-19 Pandemic. Grantham Research Institute on Climate Change and the Enviroment, March, 1–26. https://www.lse.ac.uk/granthaminstitute/publication/fiscal-responsibility-in-advanced-economies-through-investment-for-economic-recovery-from-the-covid-19-pandemic/?mc_cid=1cf3b10033&mc_eid=e60dd59e37
Suluh, D., Dewi, K., Yulianti, D. B., & Yusdiawan, I. A. (2022). An Analysis of Barriers to E-government. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 21(1), 95–106. https://doi.org/10.35967/njip.v21i1.336
Sumarno, T. B., Bachtiar, A., & Jati, A. N. (2020). Accelerating the Economic Recovery in Indonesia Post Covid-19: Justice in the Energy Transition. Global Energy Law and Sustainability, 1(2), 140–148. https://doi.org/10.3366/gels.2020.0018
Venkatachary, S. K., Prasad, J., Samikannu, R., Baptist, L. J., Alagappan, A., & Ravi, R. (2020). Covid-19 -an Insight Into Various Impacts on Health, Society and Economy. International Journal of Economics and Financial Issues, 10(4), 39–46. https://doi.org/10.32479/ijefi.9925
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 6. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Widayat, R. M., Aji, J. S., & Kurniawan, C. (2023). A Systematic Review of Social Media and Government in the Social Science Discipline. Journal of Contemporary Governance and Public Policy, 4(1), 59–74. https://doi.org/10.46507/jcgpp.v4i1.100
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rossi Maunofa Widayat, Arya Akbar, Cahyadi Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.